KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR (UNSD)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran : IPA
No. | KOMPETENSI | Indikator | No. Soal |
1 | Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan,manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya. | Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu | 1 |
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasarpengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut | 2 | ||
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/ lingkungan | 3 | ||
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan langka | 4 | ||
2 | Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan | Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembang-biakannya | 5 |
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia | 6 | ||
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan | 7 | ||
3 | Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup | Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis) | 8 |
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu | 9 | ||
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan | 10 | ||
4 | Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan | Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan | 11 |
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu | 12 | ||
5 | Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat. | Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya | 13 |
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk | 14 | ||
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar | 15 | ||
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk | 16 | ||
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar | 17 | ||
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar | 18 | ||
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia | 19 | ||
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia | 20 | ||
6 | Memahami sifat penyusun benda,perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari | Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi | 21 |
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu | 22 | ||
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut | 23 | ||
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa | 24 | ||
7 | Memahami hubungan antara gaya,gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari | Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan | 25 |
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda | 26 | ||
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan. | 27 | ||
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut | 28 | ||
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut | 29 | ||
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi | 30 | ||
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari. | 31 | ||
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung | 32 | ||
8 | Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan. | Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah | 33 |
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam | 34 | ||
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,perkotaan, dsb) | 35 | ||
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui. | 36 | ||
9 | Memahami sistem tata surya bagi kehidupan. | Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya | 37 |
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi | 38 | ||
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan. | 39 | ||
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah. | 40 |
ya
BalasHapusBest casinos in Belize with slot machines - Mapyro
BalasHapusWe compare all casinos 보령 출장마사지 in 동해 출장마사지 Belize with all the slot machines in 통영 출장샵 Belize with our ranking, 통영 출장안마 There are a lot of slots that were found in our database so you can 파주 출장안마 check